Rumah Adat Ende Lio

Posted on

Tradisi Penanaman Tiang Rumah Adat Ende Lio – YouTube. National Geographic Indonesia – Selasa 15 Desember 2020 1059 WIB.


Pin Oleh Arsitektur Kampung Di Https Arsitekturkampung03 Blogspot Com Arsitektur

Pada awalnya nenek moyang ATA Ende membangun rumah dan perkampungan adat sama seperti ATA Lio namun pada perkembangannya mengalami perubahan yang kemudian disebut Sao Panggo atau Tiga Tezu Rumah Panggung Tiga Kamar dimana tiang dan lantainya terbuat dari balok kayu atau kelapa gelondongan berdinding bambu beratap daun kelapa atau sirap bambu dengan.

Rumah adat ende lio. Atap bangunan menutupi dinding hal ini berdasarkan nilai-nilai dari arsitektur Ende-Lio yang dimana atap bangunan menutupi dinding bangunannya Penggunaan kayu sebagai elemen tradi sional tetap digunakan dalam. Nenek moyang kedua etnis ini membangun rumah dan perkampungan adat dengan menggunakan teknologi dan arsitektur tersendiri sebagai manifestasi hasil cipta karsa dan karya seni budaya di. Itulah sebabnya rumah Musalaki ini hanya berfungsi sebagai tempat tinggal ketua adat yang ada di wilayah Ende Lio tersebut.

Dengan bahan atap diambil dari sejenis rumput liar atau biasa di sebut dari warga setempat ALANG-ALANG dengan tiang dari batang kelapa yang sudah tuadengan fandasi dari batu dan terlihat seperti rumah kolong. Rumah Adat Ende Lio – Flores Trip 4 Desa Adat Saga via denahrumahloan. Lawo sendiri mempunyai banyak corak dan motif biasa lawo berwarna coklatmerah kuning dimana pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat lama berbulan bulan karna orang suku Lio terdahulu masih.

Rumah tradisional Suku Ende Lio yang lazimnya disebut dengan Sao Ria Rumah besar merupakan suatu bangunan rumah adat yang bagian luar dan dalamnya mengandung arti dan makna tersendiri serta secara keseluruhan merupakan cermin dari sistem kekerabatan. Rumah-rumah masyarakat letaknya membentuk lingkaran mengelilingi pelataran utama yang terdiri atas keda rumah leluhur sao ria. RIWAYAT PERKAMPUNGAN ADAT ENDE-LIO Keberadaan kampung tradisional sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan akan rumah dan kampung tempat tinggal bersama.

Tradisi Penanaman Tiang Rumah Adat Ende Lio Watch later. Ada jenis kayu khusus. Sebagai penyangga kolong tangganya balok kelapa juga di rahasiaq suku gkecilku blogspot com konsep orang.

Pada umumnya konstruksi bangunan rumah adat Ende-Lio tampak alamiah natural karena semua jenis bahan bangunan dari tiang hingga atap semuanya diambil dari bahan alam lewat suatu ritual adat. Pada masyarakat Ende-Lio rumah adat lebih dikenal dengan Sao ria Rumah Besar. Flotim selalu kabupaten pulau yang mempunyai populasi terbesar dipulau struktur kontruksi bugis ada kecamatan maurole.

Biasanya menghadap tubu kanga wilayah kekuasaan matahari terbit leja sula arah dari matahari. Suku Ende Lio merupakan suku tertua yang ada di pulau Flores selain Suku Ende Lio ada juga Suku Ende yang. Ada forum dan ritual adat khusus sebelum mengadakan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Rumah tradisional merupakan arsitektur yang dibuat berdasarkan tradisi membangun. Pemerintah bahkan telah menetapkan Rumah Adat Musalaki sebagai lambang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Setiap kampung Ende Lio pada umumnya dikelilingi pagar baru kota.

Rumah Adat Sao Ria Suku Ende Lio di Dusun Nuaone Sumber. Dokumentasi Penulis2013 Gambar 6. Sejarah Rumah Adat Musalaki Suku Ende Lio merupakan suku yang menciptakan Rumah Adat Musalaki.

Hal ini dapat dilihat dari acara ritual yang dilakukan di saat membangun rumah adat dan perkampungan tradisional yang masih ada dan berlaku di masyarakat adat. Rumah adat Liotampak samping Rumah adat ini hampir semuah bahan nya di ambil dari alam. Suku Ende Lio berada di Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Kampung tradisional di wilayah Ende Lio memiliki kekhasan dalam denah dan bentuk rumahnya. RIWAYAT PERKAMPUNGAN ADAT ENDE-LIO Keberadaan kampung tradisional sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan akan rumah dan kampung tempat tinggal bersama. Pola per mukiman dan bentuk rumah adat tradisional bagi masyarakat suku Ende Lio Desa Wolotolo dibangun selalu berkaitan dengan konsep hubungan kekerabatan Gemen scap antisipasi terhadap alam lingkungannya dan hubungannya dengan pencipta alam semesta yang dipercayanya.

Lawo juga biasa digunakan untuk acara pernikahan suku Lio dalam mengantarkan Belis selain itu Lawo biasa dipakai dibagian bawah Yaitu dari Pinggang kebawah seperti Rok. Sao Ria atau rumah khas etnis Lio menjadi struktur bangunan yang dominan kita jumpai selama mengunjungi Kampung Tradisional Wologai Desa Wologai Tengah Kecamatan Detusoko Kabupaten Ende. Rumah adat flores ende lio.

Masyarakat Suku Ende Lio. If playback doesnt begin. Bagian Depan teras utama tenda ria.

Istilah arsitektur sebenarnya tidak dikenali oleh komunitas tradisi. Salah satunya rumah tradisional Suku Ende Lio yang hadir dengan gaya yang berbeda sesuai dengan kultur budaya dan alamnya. Rumah adat ini adalah jenis rumah adat Suku Ende Lio dan nama Musalaki tersebut diambil dari bahasa Ende yaitu kata Muso dan kata Laki.

Letak sebuah rumah adat dengan posisinya depan-belakang-kiri-kanan atau wewa-lulu-ire mbasi. Selain sebagi rumah tinggal ketua adat Rumah Adat NTT ini juga seringkali difungsikan sebagai tempat untuk melaksanakan upacara adat musyawarah adat ritual tertentu dan acara-acara adat lainnya. Rumah adat atau sao ria sesungguhnya bukan sekadar tempat tinggal saja melainkan mempunyai makna filosofi yang teramat dalam.

Sesuai dengan arti namanya Rumah Adat Musalaki merupakan sebuah rumah yang khusus ditinggali oleh kepala suku atau kedua adat Suku Ende Lio. Nenek moyang kedua etnis ini membangun rumah dan perkampungan adat dengan menggunakan teknologi dan arsitektur tersendiri sebagai manifestasi hasil cipta karsa dan karya seni budaya di. Rumah Adat Musalaki adalah merupakan Rumah Adat Nusatenggara Tenggara Timur yang paling banyak dijumpai.

Di pinggir luar kampung terdapat sejumlah lumbung kebo dan pohon beringin besar. Arsitektur tradisional rumah adat lio ende flores ntt ini dengan fandasinya terbuat dari batu dan. Rumah adat Ende-Lio yang berbentuk panggung yang menggunakan batu sebagai penahan bagunan rumahnya.

Dalam bahasa Ende keduanya memiliki arti yaitu ketua adat. Tiga Unsur Pembentuk Kampung Adat di Wilayah Wolotolo-Ende Lio. Tidak mudah mendapatkan bahan bangunan untuk mendirikan rumah adat.

Rumah adat Sao Ria mempunyai filosofi khusus dimana rumah adat tersebut disimbolkan sebagai manusia. Penduduk asli orang Ende biasa disebut orang Lio. Membangun rumah tradisional merupakan bagaian dari kehidupan masyarakat tradisional dimana rumah sebagai tempat tinggal manusia sesuai dengan fungsinya.

Kata Musalaki itu sendiri diambil dari bahasa. About Press Copyright Contact us Creators Advertise Developers Terms Privacy Policy Safety How YouTube works Test new features Press Copyright Contact us Creators.


21 Gambar Rumah Adat Ende Lio Desain Desain Arsitektur Arsitektur


Lagu Party Terbaru 2020 2021 Jon Roben Remix Endos Bass Chutter Revolution Youtube Remix Revolution 2020 2021


Google Rumah Desain


Wolotopo Village Ende Flores Indonesia Indonesia


21 Gambar Rumah Adat Ende Lio Desain Produk Arsitek Rumah


Pin Di Wisata


Pin Oleh Ide Rumah Minimalis Di Rumah Adat Indonesia Desain Rumah Home Fashion Desain Arsitektur


Oladoo Media Ulasan Dan Social Travel Indonesia Rumah


Wolotopo Village Ende Flores Indonesia Indonesia


Lawo Lambu Tenunan


21 Gambar Rumah Adat Madura Home Fashion Desain Produk Rumah


Pin De Uchiara Desu En Spirituality Arte Fantasia Arte Fantasia


Denah Rumah Adat Sunda Design Architect Design Architect


Tenun Ende Pakaian Wanita Model Baju Wanita Model Pakaian


Lagu Party Terbaru 2020 2021 Jon Roben Remix Endos Bass Chutter Revolution Youtube Remix Revolution 2020 2021


Kebaya Embroidery With Sarong Fr Flores Ende Batik Kebaya Tenun Ikat


Kode Produk Ios 39 Sarung Tenunan Ikat Asli Motif Belu Price Idr 650000 Tenunan Tenun Ikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *